Stasiun Balapulang

Stasiun Balapulang
Kereta BBM di Dukuh Lapang

Stasiun Balapulang

Stasiun Balapulang
Kenangan Masa Kecil

Stasiun Balapulang

Stasiun Balapulang
Aku Jadi Teringat Sama Yatno

Stasiun Balapulang

Stasiun Balapulang
Tempat Bermain Waktu Kecil

Rabu, 31 Maret 2010

Perjalanan Hidup

Hari ini,akhir Maret 2010 aku belajar mulai menulis apa yang ada dan terjadi dilingkungan sekitarku, di negeri kerajaan Arab Saudi. Untuk berbagi pengalaman bagi yang sudah pernah atau belum menginjakkan kakinya di negara gurun pasir. Banyak berbagai cerita dari para TKI khususnya yang bekerja di Arab Saudi, yang sebenarnya jauh dari perkiraan banyak orang yang mayoritas penduduknya islam.
Aku tidak pernah punya niat, angan-angan apalagi keinginan untuk bekerja ke luar negeri., seperti sekarang ini di Arab Saudi. Sewaktu masih di PT pikiran saya bekerja di Arab Saudi bisa sambil ibadah, karena ada Masjidil Haram Makah serta bisa ziarah di Masjid Nabawi Madinah. Ternyata tidak semua TKI bisa bebas ibadah untuk melaksanakan umroh atau sekedar sholat di Haram.
Kadang TKI yang tinggal di Makkah aja mau umroh tidak diizinin sama majikan. Bagaimana dengan yang dapat majikan di kota lain? Tergantung nasib, nggak semua TKI bernasib baik. Banyak teman-teman kita yang bekerja tidak selayaknya dipekerjakan secara manusiawi. Mereka mengganggap budak seperti jaman jahiliyah dipekerjakan seenaknya.
Alhamdulillah aku termasuk yang beruntung dapat majikan baik, hingga sekarang aku bekerja ikut majikan menginjak sepuluh tahun jalan. Teman-teman satu PT banyak yang bernasib kurang mujur, pada kabur dari majikannya bahkan ada yang dipulangin sebelum masa habis kontrak. Di samping nggak kuat dengan pekerjaan, majikannya cerewetnya minta ampun sampai gaji tidak dibayar sesuai perjanjian.
Semoga apa yang akan aku kisahkan nanti bisa menjadi pertimbangan teman-teman, yang ingin atau mau bekerja di luar negeri khususnya Arab Sadi. Jangan karena melihat tetangganya yang sukses bekerja di Arab, lalu ingin ikut-ikutan mengadu nasib di negeri onta. Lihat contohnya di TV atau koran-koran apa yang sering terjadi terhadap para TKI di luar negeri.
Ada pepatah lebih baik hujan batu di negeri sendiri, dari pada hujan emas di negeri orang.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar